APA MOTIVASI DALAM MEMBUAT ATAU MEMILIKI SEBUAH BLOG

5komentar

Coba BlogApa motivasi kita dalam membuat atau memiliki sebuah blog. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai blog baru kita, saya akan memaparkan beberapa alasan penting yang harus diperkuat sebelum kita membuat blog. Coba kita renungkan sebentar, apa sebenarnya yang kita inginkan dari pembuatan sebuah blog ini, mengapa kita menginginkannya dan seberapa kuat keinginan yang kita miliki tersebut. Meski saya tidak tahu persis apa motivasi anda saat membuat blog,  untuk alasan pribadi atau membuat blog untuk alasan bisnis, atau hanya untuk sekedar iseng belaka, tetapi saya yakin anda berhak untuk menentukan hal-hal yang terbaik bagi blog anda tersebut.


Apakah anda membuat blog hanya untuk sekedar iseng semata?
Jika anda memiliki motivasi hanya sekedar iseng saat membuat sebuah blog, hanya sekedar ikut-ikutan dan tidak memahami benar apa manfaat yang akan anda dapatkan melalui kepemilikan sebuah blog anda nantinya, saya sarankan sebaiknya anda tidak perlu melanjutkan keinginan anda untuk membuat blog tersebut alias hentikan aktivitas anda tersebut. Kenapa demikian ? Anda pasti mengetahui bahwa sekarang ini sudah banyak sekali blog-blog sampah di dunia internet yang hanya akan mempersulit pengguna internet (visitor) untuk menemukan sebuah informasi yang dibutuhkannya. Blog sampah yang saya maksud disini adalah sebuah blog yang tidak dapat menyajikan informasi sesuai dengan criteria dan keinginan pengunjung (visitor blog) serta hanya berusaha menarik pengunjung, bahkan lebih ironisnya hanya bertujuan untuk menjebak pengunjung agar datang dan berkunjung ke situs/blog tersebut demi tujuan tertentu. Hal ini jelas telihat motivasinya, hanya demi kepentingan sendiri, jika kita ingin membuat sebuah blog, maka yakinkan dahulu apa sebenarnya motivasi atau tujuan anda membuat sebuah blog dan itu akan mengurangi resiko blog yang akan kita buat nanti tidak akan menjadi blog sampah, yang pada akhirnya menjadi tidak diperhitungkan sama sekali (oleh Google search engine terutama).

Apakah anda ingin membuat blog karena hanya ingin berbagi wawasan saja?
Berbagi adalah merupakan suatu hal yang positif yang sangat diapresiasi oleh semua orang (baik blogger maupun orang awam),  terlebih lagi jika hal yang dibagikan tersebut berkaitan dengan sebuah wawasan (tutorial) dan pengetahuan (science), jika anda ingin berbagi ilmu dan wawasan dengan cara membuat sebuah blog sebagai wahananya, niat itu sangat bagus dan saya sangat mendukung hal tersebut. Tetapi, ada beberapa catatan penting yang harus diperhitungkan secara matang, yaitu:

  1. Sajikan lah informasi yang bermanfaat bagi semua orang yaitu informasi yang dapat diuji kebenarannya dan tidak diragukan lagi manfaatnya (artikel berkualitas). Dengan menyajikan informasi demikian ini, maka paling tidak akan membentuk citra dan kepercayaan pengunjung terhadap anda dan blog anda tentunya. 
  2. Sajikan lah keterangan tambahan yang relefan dengan informasi yang anda bagikan tersebut. Jika anda mengutip pernyataan seseorang cantumkan lah informasi tentang seseorang yang anda kutip pernyataannya tersebut, hal ini tentunya akan mengurangi kemungkinan blog kita menyajikan informasi yang menyesatkan (hoax). 
  3. Berikanlah informasi sesuai dengan pandangan dan gaya bahasa anda sendiri. Karena hal ini akan menentukan orisinalitas sebuah bacaan (artikel atau konten) di dalam sebuah blog. 
Apakah anda ingin membuat blog hanya untuk sarana hiburan saja?
Jika anda ingin menyajikan sesuatu yang berkaitan dengan entertain atau dunia hiburan, maka tujuan itu sangat baik, dalam hal ini saya setuju jika anda memutuskan untuk membuat sebuah blog. Dengan banyak menyajikan berita-berita atau artikel-artikel hiburan yang berkualitas, pasti blog anda akan menjadi kesayangan bagi pengunjung yang membutuhkan hiburan yang anda sajikan, dengan demikian kebanggaan akan nada ditangan anda. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, hendaknya hiburan yang anda sajikan ini tidak menjurus ke arah pornografi, karena situs-situs yang demikian ini sangat tidak disukai oleh Google.

Apakah anda ingin membuat blog untuk catatan pribadi kehidupan anda?
Jika pertanyaan diatas anda jawab dengan kata “ya” saya menganjurkan anda untuk memikirkan ulang alasan anda ini. Mungkin dengan beberapa pertanyaan yang saya ajukan dibawah ini anda akan dapat menemukan pemahaman berbeda.
  1. Apakah anda pikir orang lain akan tertarik dengan kehidupan pribadi anda sehingga mereka akan membaca catatan harian anda yang berbentuk blog ini ? Ingatlah bahwa saya tidak akan tertarik dengan kehidupan pribadi anda jika saya tidak mengenal anda ! 
  2. Apakah pengalaman pribadi anda itu berguna bagi saya ? Sudah pasti saya tidak akan tertarik dengan isi blog anda yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan diri saya baik itu pekerjaan, hobby, minat atau aktivitas lainnya. 
Dengan menitik beratkan pada dua pertanyaan diatas tersebut saya hanya ingin mengatakan bahwa anda dapat membuat blog pribadi yang berisi dengan kehidupan anda sendiri jika anda merasa bahwa diri anda ini adalah orang yang terkenal, diperhitungkan dan berpengaruh (publik figure). Jika anda seorang artis tentunya ada banyak orang yang tertarik dengan kehidupan anda dan sudah jelas mereka ingin tahu dan kemungkinan besar akan membaca isi blog anda tersebut. Namun jika anda bukan siapa-siapa sebaiknya urungkan niat anda untuk membuat sebuah blog tersebut.

Dari beberapa ulasan tersebut di atas saya hanya akan menekankan bahwa sebenarnya siapa saja dapat dengan mudah membuat serta memiliki sebuah blog, meskipun dengan informasi yang sama sekali tidak dibutuhkan orang kebanyakan. Tetapi saya yakin anda tidak akan mau mengerjakan sesuatu hal yang sia-sia dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Anda pasti tidak ingin memiliki sebuah blog tanpa pembaca bukan ?

Terlepas dari semua itu, jika anda tetap ingin membuat serta memiliki sebuah blog, saya menyarankan perkuatlah niat dan alasan anda tersebut sebelum membuat sebuah blog. Niat anda akan memberikan kekuatan tersendiri untuk membuat serta mengelola sebuah blog, sedangkan alasan anda akan menuntun dan memberi pencerahan pada setiap langkah yang anda lakukan untuk blog (aktivitas blogging) anda tersebut.

Saya yakin, setelah membaca ulasan-ulasan saya ini, sekarang anda telah benar-benar memiliki kesiapan untuk membuat sebuah blog, dan untuk itu saya akan memandu anda memahami pengatahuan dasar blogging sebelum membuat blog anda. Ingat, jangan membuat blog anda sebelum anda memahami Pengetahuan Dasar Sebelum Membuat Blog ini.

Demikianlah ulasan saya tentang apa motivasi dalam membuat atau memiliki sebuah blog, semoga bermanfaat.
 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Coba Blog
Share this article :

+ komentar + 5 komentar

20 Agustus 2013 pukul 04.32

Yah motivasi membuat blog ini akan menentukan sasaran dan tujuan kita menekuni dunia blogging, semuanya bisa terarah.

20 Agustus 2013 pukul 04.50

Dalam melakukan segala kegiatan, motivasi memang harus ditetapkan terlebih dahulu, salam blogger.

20 Agustus 2013 pukul 04.59

Motivasi, motivasi, dalam segala hal diperlukan yang namanya motivasi ini.

20 Agustus 2013 pukul 07.45

@Blogger BlogTerima kasih atas atensi anda mengunjungi blog aku ini.

20 Agustus 2013 pukul 07.47

@SEO BlogSupaya nggak salah langkah gitu ya mas ..............

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website
Copyright © 2011. COBA BLOG - All Rights Reserved
Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger